Pages

Senin, 20 Mei 2013

Tontowi/Liliyana Menang, Indonesia 4-1 Atas India


TEMPO.COKuala Lumpur - Juara dua kali Turnamen All England, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, menutup pertandingan pertama babak penyisihan Grup A Piala Sudirman dengan kemenangan dan membuat India takluk 4-1 pada Indonesia.
Bermain di Stadion Putra, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin, 20 Mei 2013, Tontowi/Liliyana menang dua set langsung atas pasangan India, Vishnu Arun/Balan Aparna, 21-13, 21-14.
Pada awal pertandingan, Vishnu/Aparna, yang di atas kertas berada jauh di bawah Tontowi/Liliyana, masih bisa bermain imbang. Pasangan India berperingkat 50 dunia itu bisa menambah beberapa angka berkat kesalahan yang dibuat Tontowi/Liliyana. Mereka sempat memperkecil defisit menjadi 17-12.
Dua kali smash tajam Tontowi membuat ia dan Liliyana mencapai game point. Sempat ditahan 20-13, akhirnya pukulan Aparna yang terlalu melebar dan keluar lapangan membuat Tontowi/Liliyana memenangkan set pertama dengan skor 21-13.
Pola yang sama terjadi di set kedua. Pasangan India bahkan unggul lebih dulu 3-0. Vishnu/Aparna kemudian bisa menahan Tontowi/Liliyana hingga kedudukan mencapai 10-10. Tontowi/Liliyana kemudian unggul tiga angka, 13-10, setelah Tontowi melakukan smash.
Menjelang akhir pertandingan, Vishnu/Aparna tak kuasa mengatasi tekanan Tontowi/Liliyana sehingga tertinggal 19-14. Match point diperoleh Tontowi/Liliyana setelah pukulan lawan terlalu melebar ke belakang lapangan dan keluar. Smash keras Tontowi ke arah tubuh Vishnu yang tak bisa diantisipasi menutup pertandingan dengan kemenangan Tontowi/Liliyana, 21-14.
Dengan hasil ini, Indonesia menang telak atas India, yang sebelumnya juga kalah telak atas Cina, 5-0. Poin-poin Indonesia diperoleh dari ganda putra Angga Pratama/Rian Agung Saputra, tunggal putri Lindaweni Fanetri, ganda putri Greysia Polii/Maheswari Nitya Krishinda, dan Tontowi/Liliyana.
Satu-satunya poin yang berhasil dicuri India ada pada nomor tunggal putra,  ketika jago Indonesia Dionysius Hayom Rumbaka menyerah pada pebulu tangkis peringkat 11 dunia, Parupalli Kashyap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar