Pages

Senin, 12 November 2012

Ini Dia 5 Tips Hemat Biaya Penginapan

Selain biaya makan dan transportasi, pengeluaran paling banyak saat traveling adalah akomodasi alias penginapan. Padahal, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya menginap.Inilah 5 tips untuk menghemat pengeluaran biaya menginap:

1. Tidur di rumah kerabat

Cara pertama yang paling mudah dilakukan untuk menghemat biaya akomodasi adalah tidur di rumah kerabat. Ini bisa dilakukan kalau ada saudara atau teman yang kebetulan tinggal di daerah yang dikunjungi.

Dengan menginap, tentu Anda menghemat biaya tidur di hotel yang bisa mencapai ratusan ribu. Tapi ingat ya, jaga sikap selama menginap untuk menghormati sang pemilik rumah.

2. Bermalam di bandara

Selain menumpang di rumah kerabat, cara lain yang umum dilakukan wisatawan untuk menghemat biaya akomodasi adalah bermalam di bandara. Biasanya hal ini dilakukan oleh turis mancanegara, yang pesawatnya mendarat tengah malam dan belum memiliki tempat menginap.

Jika ingin mencoba cara ini, traveler bisa tidur di bangku-bangku yang ada di bandara. Jangan lupa kenakan pakaian hangat agar tidak masuk angin. Yang paling penting, letakkan seluruh barang dekat dengan Anda.

3. Menginap di stasiun kereta api

Selain bandara, masih ada tempat lain yang bisa Anda jadikan tempat bermalam, yaitu stasiun kereta api. Sama seperti bandara, turis yang tidur di stasiun biasanya karena kereta yang ditumpangi tiba dini hari. Mereka bisa lesehan di lantai stasiun atau pun merebahkan tubuh di bangku stasiun.

Hanya saja, jika ingin menginap di stasiun, para traveler harus lebih waspada dengan kondisi sekitar. Orang yang ingin berbuat jahat bisa jadi lebih banyak dibanding yang ada di bandara. Dekatkan barang bawaan dengan tubuh Anda, jika memiliki tas jinjing, manfaatkan sebagai bantal.

4. Pilih bus malam

Cara keempat yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya tidur adalah menginap di bus atau kereta malam. Ketika memiliki destinasi wisata yang jauh dan bisa menghabiskan waktu panjang, Anda bisa memilih transportasi malam, berupa bus atau kereta malam. Dengan memilih bus atau kereta malam, turis bisa menghemat biaya menginap karena akan menghabiskan malam di dalam kendaraan.

5. Masjid atau rumah ibadah

Ini dia tempat menginap lain yang biasa dipilih traveler ketika dalam perjalanan. Masjid atau rumah ibadah lain bisa disinggahi 24 jam, hal inilah yang dimanfaatkan banyak traveler ketika masih dalam perjalanan, atau enggan memesan kamar hotel karena alasan hemat. Tapi ingat, jaga terus kebersihan dan kesucian rumah ibadah selama Anda menumpang tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar