Pages

Jumat, 14 September 2012

Pentingnya Teknik dasar dan pilih posisi dalam basket

Hay Sobat...!!! kali ini ane akan share tentang Olahraga dan kali ini ane bahas mengenai cabang Olahraga Basket sobat..!!! so sobat pasti taukan dalam permainan bola basket, yang harus kita kuasai yaitu teknik dasar dan ada 3 teknik Dasar Alami Dalam Basket yaitu Dribble, Pass, dan Shoot, yang pemain basket pasti tau dong kalau Tanpa Shoot, tidak akan ada point tercipta, tanpa dribble Anda akan sulit mencetak point, tanpa passing Anda seakan ‘Hidup sebatang kara’ di dalam lapangan. Jadi tidak bisa kita pungkiri lagi bahwa dalam dunia Basket kewajiban kita menguasi tigal hal tersebut....!!! namun yang perlu kita ketahui bahwa dalam permainan bola basket ada bebagai macam trik dan bahkan banyak teknik yang bisa kita ciptakan dalam permainan ini selagi tidak melanggar dari peraturan dan masalh peraturan dalamdunia basket nanti ane akan bahas untuk sobat semuanya dan lanjut ke pembahasan dalam 3 hal tadi yang ane maksud adalah di dalam Shooting, dalam basket memiliki banyak variasi / jenisnya diantranya yaitu set-shoot, jump shoot, bank shoot, lay-up, fade away,dll. yang semuanya itu adalah memiliki satu tujuan yaitu : POINT….!!! Dalam sahre kali ini ane saya bahas cuman berbagai pengetahuan mendasar kita tentang basket dan selanjutnya akan ane bahas dipostingan berikutnya tetang Trik yang saya sebutkan tadi maslah Shoot...!!! oke lanjut kepembahasan kalau dalam teknik Passing itu adalah komponen yang tak terlepaskan dalam suatu permainan basket. Mungkin sering kali banyak pemain yang meremehkan dahsyatnya kemampuan passing, dan cenderung menitik beratkan pada shoot ataupun dribble. Melalui artikel ini pula saya akan berusaha menyadarkan para pemain basket dengan cara mengungkapkan pentingya passing melalui penjelasan bermacam mengenai passing (latihan dasar, jenis, dan tips melakukan) yang sering kali dianggap remeh para pemain dan tim. Dan selanjutnya Dribbling, yaitu merupakan hal yang sangat menentukan dalam perkembangan kemajuan dari pemain basket, karena jika seorang pemain basket telah memiliki kemampuan ball-handling yang baik pasti akan lebih mudah untuk dilatih berbagai variasi latihan ataupun strategi.
Biasanya kita para pemula mau belajar dan termotivasi coba ingat kata “gimana Klo pemain basket tidak bisa bawa bola, gimana mau poin, gimana mau nyerang??”jadi untuk itu harus belajar, usaha dan lakukan penguasaan 3 teknik alami yang ane maksud diatas sobat...!!! jadi sahre kali ini adalah Pentingnya Teknik Dasar dan Pilih Posisi Dalam Basket...!!!!
Nah untuk mempersingkat pemahaman sobat coba lakukan latihan dasar dimulai dari pengenalan Bola sobat biar kita bisa bershabat dengan bola kan ingat pepatah mengatakan “Tak Kenal Maka Tak Sayang “ jadi ini juga penting sobat dan kemudian penguasaan dribble namun ini yang sering kali kurang ditekankan oleh pelatih maupun para pemain itu sendiri, yang mungkin jika ane perhatikan hal tersebut dikarenakan terlalu fokusnya program latihan berdasarkan posisi masing-masing pemain ataupun tinggi badan.
Selama mengenal basket dan kuliah ane seringkali mendengar perkataan seperti ini (terutama untuk anak SMP, SMA, bahkan mahasiswa) :
“Center tidak boleh keluar-keluar garis three-point, tidak boleh bawa bola terlalu lama, harus jago post-up, harus ahli underbasket” atau “playmaker harus lebih jago dribble dari center, ga perlu terlalu fokus latihan underbasket” itulah mungkin yang biasa sobat dengarkan juga mengenai mitos yang sangat salah dalam dasar basket.
ane harap posting kali ini akan dapat membantu kita semua dalam menyadarkan betapa pentingnya teknik dasar  basket yang benar dan kuat...!!! memiliki Fondasi Yang Kuat Adalah Awal Dari Segalanya dan juga Tanpa dasar yang kuat suatu rumah tentunya akan relatif lebih mudah untuk roboh, dan juga akan lebih sulit untuk dikembangkan menjadi suatu rumah yang lebih megah/besar. Begitu pula halnya dengan segala hal di dunia ini pastilah membutuhkan suatu dasar yang kuat dan benar untuk dapat terus bertahan dan dapat berkembang dengan baik, termasuk juga dalam hal olahraga Bola Basket.
Tanpa dibangunya latihan dasar yang kuat dan benar dalam basket, seorang pemain basket akan sulit berkembang dalam mencapai potensi terbaiknya, hal tersebut dapat dikarenakan kurangnya penekanan didik dari pelatih mengenai pentingnya latihan dasar, maupun kurangnya pengetahuan pemain mengenai pentingnya ataupun variasi latihan dasar yang diperlukan untuk meningkatkan skill dalam basket.
Artikel ini dibuat dengan maksud ane ingin membagi semua pengetahuan yang diketahui pemahaman sobat dan ane untuk meningkatkan skill dasar yang seringkali kita tidak sadari oleh pelatih maupun pemain basket (khususnya bagi pemula). Tips ini untuk sobat yang mau jadi playmaker dan sobat mesti tau dulu apa sich playmaker itu jadi playmaker atau disebut juga point guard mempunyai 2 tugas pokok dalam pertandingan.dalam posisi defense playmaker bertugas untuk menghentikan serangan terlebih dahulu denagn menjaga playmaker lawan agar playmaker lawan tidak leluasa dalam mengatur serangan.dalam posisi ofense play maker adalah nyawa dari tim untuk membuat angka namun bukan berarti bertugas sebagai pencetak angka,tapi lebih ke dalam visi permainan,keakuratan pasing,menjaga bola dalam penyerangan,serta menciptakan situasi ato kesempatan untuk mencetak angka bagi rekan se-tim. yang dibutuhkan playmaker antara lain kekuatan drible,passing,visi dan misi permainan,kontrol emosi(tidak jarang playmaker adalah kapten bagi tim),serta kemampuan shoot serta defense akan membuat playmaker sanagt ditakuti lawan.
Dan untuk lebih menambah pemahaman sobat tinggal pilih posisi sobat mau yang mana ane bahas ajch dibawah ini POSISI DALAM BASKET ..!!! oke cikedout...!!!

Basket adalah permainan yang membutuhkan kecepatan (tidak hanya fisik, tapi juga kecepatan dalam berpikir), kekuatan, dan juga mengerti dasar-dasar dalam permainan ini.Tidak ada jaminan dimanapun yang akan membuat sesorang menjadi pemain basket yang lebih baik terkecuali ia meluangkan sedikit waktunya untuk memahami permainan ini dan dasar-dasarnya.
Sebelum kita dapat bermain basket, kita harus mengetahui hal yang paling mendasar dari pemainan ini dengan dapat menentukan posisi kita dalam bermain agar dapat bermain maksimal sesuai dengan karakter kita nantinya. Dalam basket ada beberapa posisi pemain yang seringkali disesuaikan dengan skill dan juga postur tubuh.
Bagi mereka yang mempunyai postur tubuh tinggi biasanya akan menempati posisi center atau forward. Tidak ada ukuran pasti dalam hal ini, paling tidak ini dilihat dari tim itu sendiri. Orang yang mempunyai postur tubuh tinggi di dalam timnya atau paling tidak lebih tinggi disbanding rekan setimnya akan menempati posisi ini.
Sedangkan bagi mereka yang mempunyai postur badan lebih kecil dan biasanya didukung oleh kemampuan dribbling atau membawa bola yang baik akan menempati posisi guard.
1.Guard
Posisi ini lebih sering berada di luar key hole atau perimeter area. Kebanyakan tim menempatkan pemain mereka yang plaing kecil dan paling cepat untuk posisi ini.Guard lebih sedikit beradu kontak fisik dengan pemain lawan dibandingkan dengan posisi forward dan center.Posisi guard sendiri terdiri dari dua macam; point guard dan shooting guard.
2.Point guard
Bertugas mengatur permainan dengan mengatur strategi yang akan diterapkan dengan menerapkan pola-pola permainan yang telah dipelajari oleh timnya. Walaupun handling bola penting pada posisi manapun, namun banyak yang percaya yang mempunyai kemampuan dribble paling baik akan cocok menempati posisi ini. Point guard mengatura serangan dan biasanya mempunyai tipikal melakukan passing yang pertama, jadi akurasi dana passing yang tepat adalah kunci dari kesuksesan pada posisi ini. Point guard seharusnya menjadi yang terdepan dalam memberikan assist di dalam timya.
3.Shooting guard/small forward
Shooting guard, tergantung dari strategi serangannya, akan menjadi pemain yang membantu bola mengalir dalam serangan, tapi pemain ini juga menjadi penembak utama, dan juga dapat melakukan drive ke dalam. Mereka juga dapat merangkap menjadi small forward, dan diharapkan dapat membuat screen dan mempunyai kemampuan rebound yang baik.
4.Forward
Kebanyakan forward mempunyai postur badan yang lebih besar dan lebih kuat dibandingkan posisi guard dan tentu saja mempunyai kemampuan rebound yang lebih baik dibandingkan guard posisi ini kadang disebut juga dengan power forward. Seorang forward harus dapat melihat posisi kosong di dekat key hole untuk melakukan penetrasi ke dalam, yang kemudian diharapkan dapat menerima passing lalu dilanjutkan dengan drive ke dalam. Forward biasanya memiliki postur tinggi dan kuat, tugas utama mereka adalah melakukan rebound dan bekerja di paint area. Forward diharuskan memiliki kemampuan menembak medium yang baik. Tembakan mereka akan lebih banyak berada di dekat ring atau sekitar paint area. Forward adalah salah satu posisi penting dalam permainan basket.
5.Center
Sering juga disebut big man dalam permainan basket. Biasanya mereka pemain yang paling tinggi dan paling besar dalam permainan. Pemain ini bertanggung jawab dalam melakukan rebound dan bermain di area key hole, center harus dapat memperjuangkan rebound dan bermain di bawah ring. Demikian posisi-posisi yang ada dalam bermain basket, dengan dasar ini diharapkan kita dapat mengetahui posisi kita dalam bermain dan menjadi lebih baik lagi dalam bermain basket.
Dan sedikit saran Buat yang mau jadi Playmaker atau sudah kepilih sebenarnya postur tubuh itu tidak jadi masalah yang jadi untuk sobat yang jadi titik masalah yaitu cuman passing, drible, sama resposebility yang tinggi buat ngeliat peluang . . .karena seorang playmaker tugasnya berat(jadi Kepala Team di lapangan basket)...!!! jadi sedikit latihan untuk anda yaitun wajib latihan bener2 ,doa dan niat. . .!!! buat latihan spin :
1. harus rajin jogging.
2. waktu main basket baiknya pakai alat banding yang berisi pasi kalo tidak bisa buat yach bagus berenang juga bisa sobat...!!! bisa juga buat ofense n def ok...!!!
3. latihan turun tangga secara rutin bro. . .
latihan ini agar otot paha sobat kenceng dan kuat buat melakukan offence dan defend ...!!!
4. harus latihan passing terus. . .
Untuk yang paling pokok itu agar badan sobat FIT jangan lupa push up, shit-up, Pull Up and back-up yang paling penting. . .!!!
Semoga share kali ini dapat membantu sobat dalam mengatasi masalah anda dalam Permainan Bola Basket dan juga bisa termotivasi serta bisa menambah pemahaman sobat dalam Basket...!!!! Semoga membantu dan bermanfaat sobat...!!! salam Olahraga...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar